Selamat Datang di Constantine Community

Theologi
Budaya
Pendidikan

Sabtu, 26 Februari 2011

Ibadah doa penyembahan Orthodox

Ibadah Doa Penyembahan
Ortholatria merupakan kehidupan ibadah penyembahan dalam iman kristen orthodox kepada Allah Sang Tritunggal Maha Kudus. Anda akan menemukan doa-doa sembahyang harian umat orthodox, atau doa-doa yang dikenal dalam liturgi suci dan pengantar mengenai tradisi doa / ibadah yang dilakukan umat kristen orthodox.
Salah satu ciri khas dalam doa gereja orthodox adalah adanya permintaan bantuan doa dari para suci/jana suci saudara/saudari yang telah bersama-sama dengan Kristus di sorga. Hal yang wajar mengapa ? Karena kemenangan Kristus atas maut telah menyatukan antara Gereja Yang Telah Sempurna di sorga dan Gereja Yang Sedang Berjuang di bumi. Bukankah Kristus bersabda bahwa maut tidak akan menguasai GerejaNya. Pengantara Sejati doa-doa orang kristen orthodox adalah Tuhan Yesus Kristus itu sendiri karena beliaulah Sang Imam Agung Yang Sejati. Para Suci hanyalah memohon kepada Kristus itu sendiri, tak ubahnya kita minta bantuan dukungan doa kepada saudara-saudari dalam se-iman yang masih ada di dunia entah itu bapa imam, diakon, pakdhe, budhe, mbak, mas ... :) Seperti ajaran Rasul Yakobus : "... doa orang benar bila yakin didoakan maka sangat besar khasiatnya".
Seperti yang kebanyakan kata-kata doa yang diucapkan diakhir doa-doa liturgi/doa-doa sembahyang : "... melalui doa-doa para bapa suci dan para bunda suci ya Tuhan Yesus Kristus Allah sesembahan kami, kasihinilah kami dan selamatkanlah kami ... Amin"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar